UncategorizedYuk, Berkenalan dengan Semangat Sirkularitas ala Pable!

Yuk, Berkenalan dengan Semangat Sirkularitas ala Pable!

Di berbagai kesempatan, Pable kerap kali menyiarkan gagasan mengenai manfaat dalam merangkul gaya hidup sirkular. Namun, kami menyadari bahwa gagasan tanpa contoh sulit untuk dipahami secara mendalam. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk mengenalkan Semangat Sirkularitas ala Pable yang diharapkan dapat melengkapi berbagai gagasan-gagasan gaya hidup sirkular yang telah kami nyatakan sebelumnya.

Semangat Sirkularitas diambil dari dua kata bahasa Inggris, yakni circularity dan spirit. Circularity memiliki arti sebagai fakta untuk selalu kembali secara konstan pada satu titik atau situasi yang sama. Sedangkan spirit merupakan suatu cara pikir, rasa, atau sikap tertentu, dan biasanya dirangkul oleh suatu komunitas, aktivitas, waktu dan tempat spesifik. Kemudian, kedua kata ini kami gabungkan dalam konteks mencari cara untuk menciptakan dunia berkelanjutan. Setelah melewati berbagai fase diskusi, kami pun menemukan definisi Semangat Sirkularitas ala Pable yang kami setujui bersama.

Semangat Sirkularitas Pable adalah praktik-praktik kolektif yang memiliki tujuan untuk mentransformasikan dunia yang kita hidupi untuk menjadi siklus berkelanjutan yang harmoni.

Definisi tersebut kemudian berkembang menjadi tiga pilar utama yang saling terintegrasi, yakni kolaborasi, konklusif, dan komunitas. Apakah yang membedakan ketiganya? Yuk, simak penjelasan dari ketiga pilar Semangat Sirkularitas ala Pable!

KOLABORASI

Kolaborasi merupakan praktik pertama dari Semangat Sirkularitas. Kolaborasi merupakan aktivitas pertukaran ide untuk membentuk dan menciptakan solusi-solusi baru bagi isu sampah tekstil. Di dalam melaksanakan praktik ini, Pable tidak dapat menjalankannya secara sendirian karena pada utamanya kolaborasi bertujuan untuk menggabungkan dua solusi dari dua belah pihak untuk menjadi solusi baru. Salah satu contoh kolaborasi yang telah kami lakukan adalah koleksi Recycle Look dari Sejauh Mata memandang yang menggunakan kain Pable sebanyak 30% dari keseluruhan material busana mereka.

KONKLUSIF

Praktik kedua dari Semangat Sirkularitas adalah Konklusif, atau laporan data-data sustainable terkini mengenai sampah tekstil yang telah didaur ulang. Data-data ini kemudian bisa digunakan sebagai cerminan kondisi nyata dari sampah-sampah tekstil yang berhasil kami selamatkan dari Tempat Pembuangan Akhir. Kehadiran Konklusif dari Semangat Sirkularitas diharapkan dapat membuat teman-teman semakin bersemangat untuk merangkul cara hidup sirkular.

KOMUNITAS

Komunitas merupakan upaya untuk memberdayakan berbagai solusi dengan kepentingan komunitas sebagai tujuan utama. Praktik ketiga ini terkait erat dengan keinginan kami untuk menjadi community-based enterprise atau bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan kehidupan masyarakat. Kami mengakui tujuan ini masih berada pada fase awal. Namun, kami percaya praktik ini dapat selalu berkembang melalui penanaman prinsip 5P dari We Are Circular terhadap perusahaan Pable.

Semoga tiga praktik dari Semangat Sirkularitas Pable dapat membantumu untuk memahami lebih dalam lagi mengenai gaya hidup sirkular!

Scroll up Drag View