Pable Menerapkan Prinsip Ekonomi Sirkular dalam Proses Bisnis

Pable Menerapkan Prinsip Ekonomi Sirkular dalam Proses Bisnis

Pada artikel “Serba Serbi Mengenai Ekonomi Linier”, kami telah memaparkan apa itu Konsep Ekonomi Linier serta beberapa konsekuensi yang diakibatkan olehnya secara singkat. Di akhir artikel pun kami menyatakan beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menyikapi keadaan tersebut. Seperti mendonasikan produk yang tidak digunakan lagi kepada yang jauh lebih membutuhkan atau meng-upcycling-nya, dengan masing-masing solusi masih memiliki kekurangannya sendiri. Akan tetapi, sesungguhnya terdapat satu solusi yang dapat menambal berbagai keterbatasan dari solusi-solusi sebelumnya, yaitu dengan meninggalkan Konsep Ekonomi Linier untuk merangkul Konsep Ekonomi Sirkular. 

 

Konsep Ekonomi Sirkular merupakan ekonomi yang didesain untuk dapat bersikap restoratif dan regeneratif. Bentuk ekonomi ini merubah proses ‘mengambil, membuat, membuang’ dari Ekonomi Linier dengan mendaur ulang sampah atau limbah guna memperpanjang nilai guna produk sambil memperbaharui alam yang telah tersakiti. Singkatnya, dengan mengaplikasikan Konsep Ekonomi Sirkurlar, maka ‘sampah’ diposisikan sebagai bahan baku produksi. Sehingga, kemungkinan sampah untuk berakhir di tempat pembuangan sampah pun dapat diminimalisir. Lebih dari itu, keputusan untuk menjadikan ‘sampah’ produk sebagai bahan mentah produksi membuat bentuk ekonomi ini jauh lebih awas dalam penggunaan sumber daya alam yang dipakai. Kesadaran ini kemudian memberikan ruang bernapas bagi bumi untuk dapat menyembuhkan dirinya kembali. 

 

Pable, dengan slogan ‘We Are Circular’ mencoba untuk mengaplikasikan Konsep Ekonomi Sirkular tersebut terhadap isu sampah teksil yang kini mulai mencuri perhatian dunia. Kami secara aktif mengelola sampah-sampah tekstil untuk diolah kembali untuk menjadi kain recycled yang dapat dikreasikan oleh konsumen, maupun pelaku bisnis di ranah apparel sebagai salah satu bentuk sustainable solution yang dapat dipilih. Sebagai sebuah sustainable solution terhadap isu sampah tekstil, kami berharap kehadiran Pable dapat membantu menurunkan penimbunan sampah tekstil di tempat pembuangan sampah. Cara yang kami pilih cukup sederhana, namun merupakan sesuatu yang paling esensial, yaitu dengan mengolah sampah tekstil secara bertanggung jawab melalui pemberian kehidupan kedua atau lebih bagi tiap-tiap potongan produk tekstil yang kami kelola. Selain itu, kami pun meminimalisir proses produksi yang membutuhkan konsumsi air yang berlebihan dengan mengeliminasi proses pewarnaan. Kami berharap melalui bisnis yang digerakan dengan semangat Konsep Ekonomi Sirkular ini, Pable mampu memberikan waktu bagi bumi untuk dapat pulih kembali. 

 

Mari ciptakan dunia tanpa sampah bersama!

Penulis: Luna Adriana
Category:
Prev project Next project
Scroll up Drag View