fbpx
Kenapa Pable Fokus pada Permasalahan Sampah Tekstil

Kenapa Pable Fokus pada Permasalahan Sampah Tekstil

Dengan banyaknya masalah lingkungan yang ada saat ini, mulai dari terkikisnya lahan hutan Indonesia, polusi udara, penggunaan plastik sekali pakai yang sulit terurai, dan sampah tekstil hasil industri maupun rumah tangga.

Menurut data yang dikutip dari Fashion Industry Waste Statistic, pasar pakaian global bernilai 3 triliun dollar atau 3.000 miliar dan menyumbang 2% dari Produk Domestik Bruto (PDB) dunia. 

Berita perubahan iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan, industri fashion menyumbang 10% persen dari emisi gas rumah kaca global karena rantai pasokannya yang panjang dan produksi yang intensif energi.

Dari data tersebut dapat disimpulkan berapa potensi sampah tekstil yang dapat dihasilkan ke depannya. Beruntungnya, mulai banyak organisasi dan komunitas di Indonesia yang mulai mencari solusi alternative salah satunya dengan upcycling, atau proses transformasi barang yang sudah tidak terpakai menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Di sisi lain tidak banyak komunitas yang terlibat langsung di dalam proses recycle atau daur ulang, dikarenakan proses di hulu dan hilirnya sangat rumit dan membutuhkan nilai investasi yang tidak sedikit, sehingga sampah tekstil kebanyakan akan berakhir di tanah tanpa terurai.

Pable hadir dengan cerita yang lengkap, bagaimana kondisi di hulu dan bagaimana kami bersikap di hilir. Hal ini lah yang menjadi concern dari Pable, bagaimana mengatasi permasalahan sampah tekstil dan memberikan value serta inovasi tambahan sehingga masyarakat tidak lagi melihatnya sebagai objek “sampah” namun sebagai barang biasa yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari – hari.

Untuk itulah Pable berkonsentrasi pada proses daur ulang limbah tekstil yang tidak terpakai dan memprosesnya kembali menjadi barang baru, sehingga masa pakai nya menjadi lebih panjang dan tidak lagi mengambil source baru. Tujuannya agar masyarakat menyadari bahwa produk dari hasil pengolahan sampah tekstil tidak jauh berbeda dengan produk tekstil sejenis yang beredar di pasar. 

Pada akhirnya waktu dan pikiran didedikasikan untuk gerakan yang lebih bermakna. Sekecil apapun langkahmu, akan berimbas pada kehidupan di kemudian hari. #madetobemadeagain #kembalikedesa dan #pableprojectpoco adalah komitmen yang akan dilakukan jangka panjang. Pable butuh kalian buat bergerak, cerita ini akan menjadi tabungan untuk generasi mendatang agar lebih bijak bersikap #wearecircular.

Penulis: Aryenda Atma
Category:
Next project
Scroll up Drag View