UncategorizedConscious Lifestyle: Gaya Hidup yang Merangkul Prinsip Ekonomi Sirkular

Conscious Lifestyle: Gaya Hidup yang Merangkul Prinsip Ekonomi Sirkular

Jika pembaca mengikuti akun Instagram Pable (@pable.id), maka kata Ekonomi Sirkular pasti tidak asing di telinga kalian. Mengingat diskusi mengenai Ekonomi Sirkular telah kami angkat dari awal kemunculan Pable di bulan Oktober 2020 silam. Pembahasan mengenai Ekonomi Sirkular penting bagi perusahaan kami karena prinsip-prinsip yang terkandung di dalamnya merupakan sistem utama yang melahirkan dan menggerakan setiap solusi-solusi berkelanjutan yang kami lakukan. Oleh sebab itu, kami pun selalu bersemangat dalam menyiarkan manfaat-manfaat dari Ekonomi Sirkular itu sendiri. Termasuk, penerapan nyata yang masyarakat bisa lakukan untuk merangkulnya.

Praktik Ekonomi Sirkular terbaru di dalam masyarakat yang kami temukan adalah ide mengenai conscious lifestyle, atau kesadaran menjalani gaya hidup dengan mempertimbangkan aspek sosial dan lingkungan (antaranews.com). Gaya hidup ini merayakan kesadaran yang dimiliki oleh para pengikutnya di dalam memilih, membeli dan menangani produk-produk yang mereka butuhkan di kehidupan sehari-hari tanpa melupakan kepentingan alam beserta isinya. Maka dari itu, semakin banyak masyarakat menjalani conscious lifestyle, semakin cepat pula masa tranformasi ekonomi dunia dari linier menuju sirkular berlangsung.

Namun menariknya, conscious lifestyle tidak bekerja secara kaku. Melainkan bersifat membebaskan dikarenakan bentuk conscious lifestyle sangat bergantung pada pribadi individu yang merangkulnya. Dengan kata lain, gaya hidup ini dapat selalu berubah sesuai dengan perkembangan pengetahuan dan pemahaman seseorang di dalam menjalani kehidupan berkelanjutan. Tidak ada cara pasti dalam melaksanakannya karena conscious lifestyle selalu berjalan beriringan bersama kesadaran kita. Hal terpenting adalah untuk mengetahui apa yang esensial agar dapat menghindari praktik-praktik konsumsi tidak bertanggung jawab.

Meskipun begitu, terdapat beberapa sugesti dari kami untuk mulai menjalankan  conscious lifestyle. Penasaran? Yuk, simak lima tips dari kami!

Kenali Dirimu Sendiri!

Tanya pada diri sendiri apa yang paling penting bagi hidupmu sebelum menentukan bagaimana conscious lifestyle dapat masuk ke dalam kehidupanmu. Melalui cara yang sama, temukan definisi hidup berkelanjutan yang ingin kamu capai. Setelah mengetahui tujuan yang ingin diraih, barulah evaluasi kehidupan sehari-harimu. Apakah ada yang perlu dihilangkan, digantikan, maupun direduksi? Laksanakan hal ini secara berkala karena hidup berkelanjutan bukanlah destinasi, namun sebuah perjalanan.

Research First, Act After!

Selalu gunakan pemetaan hidup berkelanjutanmu sebagai panduan dalam memilih produk-produk yang ingin kamu beli. Cara menggunakannya adalah melalui research mendalam mengenai aktivitas apapun yang ingin kamu lakukan. Seperti membeli, menukar, mendaur ulang, memperbaiki, maupun mengganti barang. Hal ini perlu dilakukan agar kamuy akin keputusanmu selaras dengan ide mengenai hidup berkelanjutan yang kamu miliki.

Mulai Mempelajari Material dari Produk!

Semakin tinggi pengetahuanmu mengenai material produk, semakin efektif pula conscious lifestyle yang kamu jalani. Mengingat gaya hidup ini hadir dikarenakan masyarakat diharapkan lebih awas dalam mengonsumsi suatu barang agar aspek sosial dan lingkungan tetap dijaga. Oleh sebab itu, mulailah menghindari material-material yang dapat membahayakan kelestarian alam dan kesehatan masyarakat.

Hidupkan Semangat Sirkularmu!

Terdapat begitu banyak fase dari suatu produk. Dari pembuatannya hingga masa gunanya berakhir. Maka dari itu, ada baiknya untuk kita berpikir jauh sebelum membeli suatu produk karena tanggung jawab pengolahan masa akhir produk ada di tangan kita. Mulailah mencari jasa-jasa pengolahan sampah yang bertanggung jawab, seperti Rekosistem dan Waste4Change.

Jadikan Produk Lokal Sebagai Pilihan Pertama!

Kini, tidak sulit untuk mencari alternatif dari suatu produk yang diproduksi oleh produser lokal. Manfaat produk yang dihadirkan pun terbilang sama atau bahkan lebih baik. Namun, lebih dari itu, ketika kita memilih untuk memprioritaskan produk lokal, maka kita sesungguhnya telah membantu ekonomi sirkular untuk bekerja secara lebih efektif. Karena produk lokal dihadirkan oleh saudara-saudara kita sendiri, dan proses produksi & distribusinya pun memiliki jejak karbon yang jauh lebih sedikit dari produk luar.

Semoga lima tips dari Pable dapat membantu teman-teman untuk mulai menjalani conscious lifestyle demi terciptanya dunia sirkular yang kita impi-impikan bersama!

Scroll up Drag View